Donna Tambayong

The Place Where You Can Find The Real Me
TENTANG POLISI ZAMAN NOW DAN PERUBAHAN ZAMAN YANG TAK TERELAKKAN

TENTANG POLISI ZAMAN NOW DAN PERUBAHAN ZAMAN YANG TAK TERELAKKAN

#POLISIZAMANNOW

 

Apa yang ada di pikiran kamu ketika mendengar kata Polisi ?

 

Adil?

 

Bijak?

 

Tegas?

 

Wah pastinya jawaban kita ngga bakal sama ya. Kalo menurut KBBI nih, Polisi merupakan suatu badan pemerintahan yang bertugas memelihara keamaan dan ketertiban umum (menangkap orang yang melanggar undang-undang dan sebagainya. Arti lain menurut KBBI juga, Polisi adalah anggota badan pemerintah (pegawai negara yang bertugas menjaga keamaan dan sebagainya).

Tentang Polisi Zaman Now & Perubahan Zaman | Donna Tambayong

Memelihara keamaan dan ketertiban umum. Kira-kira itu main job nya seorang Polisi. Kebayang ngga sih, kadang kita ngejaga diri sendiri aja sulit. Gimana ngejaga keamanan sama ketertiban umum. Tapi, masih banyak aja orang-orang yang terkadang menyepelekan kerja seorang Polisi.

 

Jadi Polisi ngga gampang, man ! Kamu ngga hanya diharuskan untuk menjaga diri kamu sendiri, tapi juga diri banyak orang. Resiko nya pun besar. Mereka bisa aja kehilangan nyawa demi ngejaga keamanan masyarakat. Ya, tapi itu sudah menjadi bagian dari pekerjaan mereka sebagai Polisi. Salut lah untuk mereka yang memilih untuk berprofesi sebagai Polisi. Mempertaruhkan hidup mereka untuk keamanan banyak orang.

 

Jadi Polisi emang penuh resiko. Apalagi jadi Polisi Zaman Now. Polisi Zaman  Now ngga cuma sekadar bertugas menjaga keamaan di sebuah tempat. Tapi juga menjaga keamaan di dunia maya. Zaman sekarang kan semakin canggih. Kejahatan ngga cuma terjadi di tempat-tempat tertentu. Bahkan sekarang, kejahatan sudah merambah ke dunia maya. Sekarang, penjahat ngga cuma berkeliaran di jalan, tapi juga di dunia maya. Tapi ngga usah khawatir. Kepolisian Republik Indonesia ini emang udah keren banget. Kepolisian Republik Indonesia punya banyak divisi yang menangani kasus tertentu sesuai dengan kriteria kejahatan yang dilakukan oleh oknum tertentu.

 

Contohnya aja nih, untuk menangani kasus kejahatan di dunia maya, Kepolisian RI punya divisi khusus yang menangani kejahatan terkait cyber ataupun dunia maya. Kejahatan di dunia maya kan termasuk tindak pidana yang melanggar hukum bahkan seringkali merugikan banyak pihak. Nah, kalo udah melanggar hukum dan meresahkan masyarakat, ini jadi urusannya Polisi.

 

Polisi Republik Indonesia (Polri) sendiri sudah tanggap banget dengan perubahan zaman yang ngga menentu ini. Polri sadar banget kejahatan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Apalagi dengan berkembangnya informasi dan teknologi. Para anggota Polri ngga hanya cukup untuk bisa naklukin penjahat dengan senjata, tapi juga harus bisa naklulin penjahat dengan teknologi. Karena penjahat zaman now pun canggih-canggih kan. Bisa pake segala cara untuk melakukan tindak kriminal.

 

Perubahan zaman itu pula yang ngebuat sebuah pembaruan di tubuh Polri. Apalagi dengan mengusung tagline Polisi PROMOTER atau Polisi Profesional, Modern dan Terpercaya yang dicanangkan oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Drs. H. M. Tito Karnavia MA. Beliau yang sangat peka dan paham dengan dampak kemajuan teknologi dan informasi inipun kepengin membentuk Polisi yang ideal buat masyarakat Indonesia zaman now.

 

Tentang Polisi Zaman Now & Perubahan Zaman | Donna Tambayong
Sumber : Instagram @titokkarnavianfans

Masyarakat zaman now kan susah ditebak. Semakin kesini, masyarakat zaman now seakan keblinger sama kemajuan zaman. Seluruh informasi diserap tanpa ada sumber yang jelas. Udah gitu, dipercaya lagi walaupun ngga jelas. Akhirnya apa? Banyak yang berselisih paham karena sebuah informasi yang ngga jelas sumbernya darimana bahkan seringkali berita yang disebarkan itu adalah bagian dari berita bohong. Atau istilah kerennya berita hoax.

 

Kemajuan zaman emang ngga melulu berbuah manis. Nah, berita hoax adalah buah dari perkembangan zaman yang ngga terkontrol. Berita hoax bisa menyebar karena pesatnya penerimaan informasi di sosial media. Lagi-lagi nih. Polisi jadi banyak peer gara-gara banyak yang ribut perkara berita hoax. Ini jadi kerjaan Bapak-bapak dan Ibu-ibu dari Kepolisian RI untuk ikut aktif dan membantu dalam memantau perkembangan teknologi dan informasi yang ada sekarang.

 

Jadi Polisi zaman now ngga cuma harus bisa pegang pistol tapi juga harus melek teknologi. Polisi zaman now harus modern. Polisi zaman now ngga boleh ketinggalan sama perkembangan zaman. Polisi zaman now harus tanggap sama perubahan zaman. Dan Polisi zaman now juga harus berpartisipasi untuk menjadi role model bagi masyarakat dalam menggunakan teknologi dan sosial media

 

Tapi menurutku sih apa yang dilakukan sama  Kepolisian Republik Indonesia udah paling oke banget.

 

Mereka sudah memberikan contoh bagaimana menggunakan sosial media yang baik untuk masyarakat. Terbukti dengan adanya akun-akun dari divisi tertentu dalam Polri yang setiap harinya membagikan berita-berita terkait hal-hal yang dilakukan oleh Polri. Mereka memberikan fakta, mereka menginformasikan prestasi-prestasi yang sudah dicapai oleh para anggota Polisi dalam hal memberantas kejahatan.

 

Buat apa menyebarkan berita buruk kalau ternyata masih banyak berita dan prestasi baik yang belum diketahui banyak orang?

 

Aku salut sih sama beberapa anggota Polri yang sudah memberikan contoh bagaimana bersosial media yang baik dan ikut membantu membangun citra Kepolisian yang ramah di mata masyarakat

 

Contohnya aja, ada Pak Khrisna Murti yang menjabat sebagai Karo Misinter Divhubinter Polri. Beliau jauh dari kata POLISI GALAK dan MENAKUTKAN. Bahkan terkadang, guyonannya di setiap caption postingan Instagram selalu dipenuhi sama komentar yang lucu-lucu.

Tentang Polisi Zaman Now & Perubahan Zaman | Donna Tambayong
Sumber : Instagram Krishna Murti

Selain itu, ada pula Pak M. Sabilul Alif, yang menjabat sebagai Kapolres Tangerang. Setiap postingan di akun Instagram nya pun selalu memberikan informasi-informasi positif dan kata-kata inspiratif yang membuat masyarakat termotivasi.

 

Tentanh Polisi Zaman Now & Perubahan Zaman | Donna Tambayong
Sumber : Instagram M. Sabilul Arif

 

Ya, bisa dibilang jadi Polisi Zaman Now memang tak mudah.  Tapi ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi Polisi Zaman Now yang bisa dipercaya oleh masyarakat. Contohnya aja kayak yang dilakukan oleh Bripka  Wahyudin. Bhabinkamtibmas dari Desa Cikande, Kecamatan Jayanti wilayah hukum Polsek Cisoka, Polresta Tangerang. Beliau merupakan sosok yang bisa dibilang Polisi Zaman Now banget deh.

 

https://www.instagram.com/krishnamurti_bd91/
Sumber : Google.com

 

Beliau sangat mencerminkan Polisi Zaman Now. Beliau dengan ide kreatifnya memodifikasi sepeda motor binmas nya menjadi sebuah perpustakaan keliling. Beliau ingin menumbuhkan minat baca pada anak-anak serta membantu Kepolisian untuk ikut serta mencerdaskan anak bangsa.

 

Wah. Yang kayak gini nih mesti dicontoh. Bripka Wahyudin sangat jauh dari anggapan Polisi yang arogan, semena-mena dan sombong. Bripka Wahyudin justru membawa citra diri yang baik sebagai seorang Polisi. Beliau sangat mencerminkan seorang Polisi profesional dengan tindakan modern dan mampu dipercaya oleh masyarakat berkat kreativitasnya dalam membantu mencerdaskan anak bangsa.

 

Semua hal yang dilakukan oleh Kepolisian Republik Indonesia merupakan bentuk usaha agar citra Kepolisian di mata masyarakat bisa kembali baik. Dan mereka sudah membuktikan dengan semakin kompeten nya Polri dalam mengungkap kasus-kasus kejahatan dan tidak pernah lupa mengajak masyarakat untuk selalu menyebarkan berita baik. Kepolisian semakin memiliki kredibilitas yang baik untuk dapat dipercaya oleh masyarakat sebagai lembaga yang mengayomi dan melindungi.

 

Dan harapannya, semoga setelah ini, para anggota Kepolisian Republik Indonesia bisa lebih meningkatkan kompetensinya serta kapabilitas yang mumpuni sebagai Polisi Zaman Now yang patut dicontoh oleh masyarakat.

 

Xoxo,

Donna

2 comments found

  1. Polri dg segala tugas dan kinerjanya disegala bidang patut diapresiasi. Citra polri memang harus dan perlu diperbaiki krn dari dulu bahkan sampai sekarang org masih terbayang dg polisi = tukang palak di jalan,dsb belum lg kasus yg banyak menimpa internal polri seperti kasus korupsi Pati korps lalu lintas dan kasus2 yg lainnya mulai dari pangkat rendah hingga Pati. Citra baik ini bisa dimulai dr memperbaiki diri sendiri, jajarannya hingga struktur organisasinya. Baru penerapan di lingkungan masyarakat langsung. Saya rasa citra polri sudah mulai membaik meski sekarang masih ada penilaian negatif seperti dr kasus2 penangkapan terduga teroris yg sebagian org katanya “kurang pro”. Sepakat diatas, petugas2 keamanan macam polri, tni bertaruh nyawa bahkan saat tugas pun sering meninggalkan keluarga dan menurut saya pun sebaik-baiknya masyarakat tdk terlalu dini menilai. Oiya pembentukan citra pada masyarakat tentunya bisa dan sering2 melakukan kegiatan bersama dg masyarakat2 umum pun pasti banyak yg senang. Polri zaman now harus transparan, lebih profesional, dan lebih dekat kepada masyarakat. Bravo!

    1. Syuka sekali sama komennya. Di saat ornag di luar sana memberikan info-info yang tidak baik tentang kinerja Polri, ternyata maish ada yang berpikir positif. Alhamdulillah. Kita doakan saja semoga citra Polri terus membaik, dan netijen kurang belajar jadi makin pinter menyikapi apapun. Hidupppppp !!!

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.