Donna Tambayong

The Place Where You Can Find The Real Me
Cara Gue Menyikapi Ketakutan dalam Hidup

Cara Gue Menyikapi Ketakutan dalam Hidup

Lo punya ketakutan dalam hidup ngga sih

 

Kalo gue sih ada.

 

Gue takut banget sama ketinggian. Ataupun sama hal-hal yang bikin jantung gue deg-degan. Sama ketinggian, sama kecepatan, sama kenyataan ditinggal kamu (?) . Eh, yang terakhir bukan ketakutan ya. HAHA

 

Balik lagi soal ketakutan. Gue sebagai manusia merasa cemen. Gue kadang suka membully diri gue sendiri dengan berkata dalam hati

“Ah, gitu aja lo takut”

Entah lah apa yang gue takuti soal ketinggian, kecepatan atau apapun itu yang bikin gue takut.

 

Gue terkadang suka berpikir. Pantaskah gue takut sama hal-hal yang kayak gitu?

 

Kenapa orang lain berani, kok gue kayak tahu. Lembek banget maksudnya.

 

Karena gue orangnya sangat amat connectedness, gue jadi banyak berpikir tentang hidup gue. Gue mulai mencari-cari apa penyebab gue takut. Karena gue pun ngga tau apa sebab gue takut sama ketinggian sama kecepatan.

 

Gue berusaha meng-coaching diri gue sendiri dengan bertanya berkali-kali

 

“Donna, kenapa lo takut ketinggian”

“Donna, kenapa lo takut naik pesawat”

“Donna, kenapa lo takut dibawa ngebut pas naik kendaraan”

“Donna, lo kenapa takut naik halilintar”

 

Dan banyak pertanyaan lainnya yang gue tanyakan sama diri gue sendiri

 

Gue berusaha menjawab sendiri pertanyaan itu

Kenapa gue takut tinggi? Ya karena ngeri aja

 

Ketika sampe pada pertanyaan kedua, kenapa gue takut naik pesawat, gue jadi ketemu apa yang jadi sumber ketakutan gue.

“Donna, kenapa lo takut naik pesawat”

“Karena takut jatoh. Kalo jatoh di darat bisa minta tolong orang. Kalo jatohnya dari pesawat?”

“Jadi intinya apa? Takut jatoh dari pesawat?

“Bukan. Tapi takut mati”

 

Nah ! selesai udah. Pertanyaan gue terjawab sudah.

Jadi, sebenernya bukan ketinggian yang gue takutin. Bukan kecepatan yang gue takutin. Tapi ternyata ketakutan gue akan mati yang bikin gue takut sama ketinggian dan kecepatan.

 

Tapi gue rasa, karena sumber ketakutan dalam hidup adalah mati, rasanya itu bukan jadi satu hal yang harus dihilangkan. Takut mati dan inget mati itu adalah hal yang rasanya harus gue tanamkan. Karena ketika gue inget mati, harusnya gue bisa lebih intropeksi diri supaya terus bisa ngelakuin banyak hal baik selama gue hidup.

 

Biarkan gue nikmati ketakutan ini. Karena gue rasa normal punya rasa takut. Karena gue manusia.

 

Sekian lah cerita gue tentang ketakutan dalam hidup kali ini. Semoga lo yang punya rasa takut akan sesuatu bisa menyikapi dengan bijak ketakutan itu supaya ngga jadi pengganggu dalam hidup lo.

 

Cheersssss

Donna

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.